Jumat, 28 Juni 2013

Program Studi Teknologi Kelautan


Tahun Akademik 2013, Politeknik Perikanan Negeri Tual 
Menyelenggarakan Program Sarjana Terapan Kelautan


Setelah menyelenggarakan Program Ahli Madya Perikanan selama kurang lebih 9 tahun, akhirnya Politeknik perikanan Negeri Tual pada tahun 2013 ini berhasil membuka Program Studi Baru Sarjana Terapan Teknologi Kelautan.  

Menurut Wakil Direktur I Bidang Akademik   Jusron A. Rahayaan, S.Pi., M.Si., penyelenggaran Program Sarjana terapan ini sudah direncanakan sejak lama guna menjawab kebutuhan pasar kerja Industri Kelautan dan Perikanan serta penerapan teknologi kelautan bagi masyarakat.  Selain menjawab kebutuhan lokal dan nasional akan profesionalis di bidang ini serta keselarasan UU No. 12 tahun 2012.  Hingga tahun 2012, Politeknik Perikanan Negeri Tual telah menyelenggarakan satu Jurusan (Teknologi Hasil Perikanan) dengan 4 program studi Ahli Madya yakni Teknologi Hasil Perikanan (THP), Teknologi Budidaya Perikanan (TBP), Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), dan Agribisnis Perikanan (AGP) dengan jumlah mahasiswa kurang lebih    500 mahasiswa yang tersebar di ke-4 program studi yang telah ada.

Mahasiswa Program studi Teknologi Kelautan ini, setelah menyelesaikan beban studi sebanyak kurang lebih antara 140 hingga 160 sks selama 4 tahun akan mendapatkan gelar "Sarjana Terapan Kelautan (ST.Kel)".  
Menurut Wadir I, para lulusan sMA dan SMK yang diterima di program studi ini adalah mereka yang berasal dari bidang IPA dan Keteknikan/Kemaritiman bagi yang berasal dari SMK. Diharapkan Program Studi ini akan dijalankan secara baik ke depan agar menjadi cikal bakal pelaksanaan program magister dan doktor terapan di Polikant dalam waktu dekat. (red.)

0 komentar:

Posting Komentar