Senin, 08 Oktober 2012

Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2012


Program mahasiswa wirausaha PMW Tahun 2012 merupakan salah satu dari sekian banyak program pemberdayaan masyarakat yang dirancang oleh pemerintah melalui kementerian kementerian yang ada, program mahasiswa wirausaha dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan langsung kepada mahasiswa, yang ada di perguruan tinggi negeri. Kehadiran PMW diharapkan menjadi salah satu solusi dalam menekan angka pengangguran mahasiswa, yang mana diketahui bersama bahwa angka pengangguran mahasiswa dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang signifikan di Indonesia saat ini.
Politeknik Perikanan Negeri Tual sudah menyelenggarakan program ini sebanyak 3 kali, dan pada tahun ke empat menyelenggarakan program ini. dari penyelenggaraan program ini terdahulu sudah menghasilkan mahasiswa/i yang memiliki usaha di bisnis lainnya, dan lokasi dan lokasi usaha tersebut tersebar di wilayah kabupaten Maluku tenggara dan kota tual.Tujuan dari kegiatan PMW
  1. Mempersiapkan alumni Poliktekni perikanan negeri tual agar tidak hanya sebagai pencar  kerja,  tetapi juga untuk memberikan bekal penciptaan lapangan kerja secara mandiri.
  2. Mempersiapkan lulusan Politeknik Perikanan Negeri Tual yang berjiwa wirausaha
  3. Memujudkan sinergi potensi perguruan tinggi (termasuk dalamnya mahasiswa) dengan menumbuh kembangkan potensi usaha kecil dan menengah (UKM)
  4. Menumbuhkembangkan kegiatan-kegiatan yang mendorong terwujudnya income generating unit di Polikteknik Perikanan Negeri Tual.
Jenis kegiatan PMW yakni pemberian bantuan dana bergulir bagi usaha mahasiswa, dimana untuk usaha kelompok atau perorangan sebesar 8 juta. sasaran kegiatan yakni mahasiswa/i Polikant jangka waktu pelaksanaan kegiatan PMW yaitu : 3 bulan mulai dari bulan oktober 2012 sampai bulan desember 2012
Tahapan Pelaksana Kegiatan PMW 2012 ada 3 yaitu :
pertama : tahap sosialisasi yang terdiri dari : kegiatan sosialisasi program, kegiatan  pemasukan proposal rencana bisnis oleh peserta dan pengumuman seleksi satu.kedua   : tahap pendidikan latihan (Diklat) yang terdiri dari : kegiatan diklat bagi peserta PMW. pemasukan proposal rencana bisnis oleh peserta, pengumuman seleksi II, dan kegiatan magang bagi mahasiswa ketiga  : tahap monev : terdiri dari kegiatan monitoring dan evaluasi bagi tiap dosen   pendamping usaha mahasiswa, dan panitia PMW.
Jumlah Dana Kegiatan PMW. tahun 2012 sebesar Rp.249.000.000,- Pembiayaan terdiri dari operasional kegiatan panitia dan bantuan modal usaha bagi mahasiswa. sumber dana kegiatan PMW : Berasal dari dipa POLIKANT tahun 2012









0 komentar:

Posting Komentar